Tes Seleksi Penerimaan CPNS 2014 Dimulai Juni

Pemerintah tahun ini berencana untuk membuka Tes Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan membuka kesempatan masyarakat untuk mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014. Pihaknya akan menggelar Job Fair CPNS 2014 di Hotel Sahid, Jakarta, pada 16 Juni-17 Juni mendatang. Acara itu akan digelar bersamaan dengan pameran inovasi pelayanan publik dari seluruh daerah di Indonesia.

Tes CPNS
“Nanti akan kami umumkan posisi apa saja yang lowong dan bisa diisi. Jadi saya harap kementerian atau lembaga dan pemda bisa menarik minat CPNS untuk mendaftar,” ujar Eko Prasojo, Wakil Menteri PAN-RB, di kantornya yang Dikutip dari kompas.com (4/5/2014).

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Eko Sutrisno mengatakan tahun ini akan ada 100.000 formasi yang dibuka terdiri dari 60.000 orang untuk menjadi PNS dan 40.000 orang dengan status PPPK. Eko menegaskan, PPPK bukan honorer atau pegawai tidak tetap, melainkan dikontrak minimal satu tahun dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan.

Proses seleksi CPNS 2014 melanjutkan sistem yang telah dilakukan sebelumnya, yaitu dengan online. Pelamar memasukkan data lewat sistem online, lantas proses seleksi menggunakan sistem computer assisted test (CAT). “Jadi bisa diketahui hal yang tidak rasional soal jumlah pegawai yang dibutuhkan,” kata Eko.

Sistem yang lebih ketat juga diberlakukan pada kementerian atau lembaga (K/L) dan pemda yang tak menggunakan sistem CAT, tak akan diberi formasi. Tes CPNS akan dilakukan mulai pertengahan Juni hingga Oktober. “Tidak sekaligus satu hari, tapi bertahap agar lebih obyektif,” ucap Eko.

Bantu sebarkan...Share on Facebook3Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Print this page

Facebook Comments

Leave a Comment

Komentar Anda akan dianggap SPAM jika:

  • Menggunakan keyword di form nama
  • Hanya mengucapkan ‘say thanks’
  • Komentar merupakan komentar promosi atau kampanye
  • Memakai shortlink di form url atau bukan url home page