Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian tindakan kelas atau yang sering disebut dengan CAR (Classroom Action Reseach) memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran apabila di-implementasikan dengan baik dan benar. Penelitian tindakan kelas dapat didefinisikan sebagai suatu penelitian tindakan (action reseach) yang dilakukan oleh guru yang sekaligus sebagai peneliti dikelasnya atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) dengan jalan merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas proses pembelajaran dikelasnya melalui suatu tindakan tertentu dalam suatu siklus.

Beberapa Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan pemanfaatan yang rasional dari tindakan mereka dalam melaksanakan tugas memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan serta memperbaiki kondisi praktek pembelajaran yang dilakukan.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut (Wardani, 2004:14) penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan terjemahan dari classroom action research, yaitu satu action research yang dilakukan di kelas. Sesuai dengan arti katanya diterjemahkan menjadi penelitian tindakan; yang oleh Car dan Kemmis (Mcnitt, 1991, p.2) dalam Wardani dkk (2007, 1-3-1-4) didefinisikan sebagai berikut : Action research is a form of self-reflection enquiry undertaken by participants (teachers, students or principals, for example) in social (including educational) situations in order to improve the rationality and justice of (1) their own social or educational practices (2) their understanding of these practices and (3) the situations (and institutions) in which the practices are carried out.

Penelitian Tindakan Kelas

Sumber : Google Image

Tujuan utama PTK adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi dikelas serta meningkatkan kegiatan guru dalam pengembangannya sebagai pendidik.

Ada tiga unsur dalam Penelitian Tindakan Kelas, yaitu :
1. Penelitian adalah aktifitas mencermati suatu objek tertentu melalui metodologi ilmiah dengan mengumpulkan data-data dan untuk menyelesaikannya dengan cara dianalisis.
2. Tindakan adalah suatu aktifitas yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu yang berbentuk siklus kegiatan untuk memperbaiki atau meningkatkan suatu masalah dalam proses belajar mengajar.
3. Kelas adalah sekelompok siswa dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru.

Kata Kunci:

pengertian penelitian tindakan kelas dan silabus,pengertian ptk menurut wardani,siklus ptk wardani

Bantu sebarkan...Share on Facebook1Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Print this page

Facebook Comments

  • makasih gan ulasannya mantab, jadi tau apa itu penelitian tindakan kelas…. sepertinya memang harus dilaksanakan oleh para guru agar bisa menemukan model baru dalam pembelajaran…

  • popon Hotiawati

    butuh penelitian tindakan kelas

  • Sem Walle

    Saya minta tolong cara buat tesis tentang kenakalan remaja di Jemaat

Leave a Comment

Komentar Anda akan dianggap SPAM jika:

  • Menggunakan keyword di form nama
  • Hanya mengucapkan ‘say thanks’
  • Komentar merupakan komentar promosi atau kampanye
  • Memakai shortlink di form url atau bukan url home page